Penggunaan Require dan Include Pada PHP


Penggunaan Require dan Include Pada PHP
Penggunaan Require dan Include Pada PHP

Ini adalah materi lanjutan dari materi Menggunakan Looping WHILE dan DO WHILE Dalam PHP disini kita akan membahas cara Penggunaan Require dan Include Pada PHP tanpa banyak bicara lagi kita akan langsung masuk pembahasan.

REQUIRE()
Require() merupakan suatu instruksi untuk menggabungkan suatu script PHP atau teks yang tersimpan pada file yang berbeda. File yang akan digabungkan dapat berupa script PHP atau HTML.

Dengan menggunakan require() kita akan lebih mudah untuk membuat modul-modul program yang dibuat oleh tim lain.

Contoh :
Dalam membuat halaman web bentuk tampilan harus selalu konsisten dari halaman satu kehalaman lainnya. Pada contoh dibawah ini akan dibuat header.php sebagai judul banner paling atas dan halaman footer.php sebagai penutup halaman website, nantinya file tersebut akan kita satukan dalam file yang bernama require.php.

Buatlah sebuah file baru dan berinama header.php yang berisi script berikut :

<!DOCTYPE html>
<html>
<head>
 <meta charset="utf-8">
 <title>Contoh Require dan Include</title>
 <h1>ini header.php</h1>
 <style type="text/css">
  body{
   background-color:#eee;
   text-align:center;
   font-family:Calibri;
   font-size:18px;
  } 
 </style>
</head>
<body>

simpan tersebut dengan nama header.php di localhost teman-teman, kemudian buat satu file lagi dengan nama footer.php yang berisi script dibawah ini :
 <footer>
  <h1>Ini adalah file footer.php</h1>
 </footer>
</body>
</html>

kemudian simpan dengan nama footer.php di localhost. Selanjutnya buat file baru dengan nama require.php, file ini yang akan kita gunakan untuk memanggil dari dua file yang telah kita buat sebelumnya yaitu header.php dan footer.php. File require.php berisi script berikut : 
<!-- ini file header.php -->
<?php require('header.php');?>
<hr/>
<!-- ini isi dari file require.php -->
 <h1>Ini Adalah Isi</h1>
 <p>Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Etiam nulla turpis, pulvinar eu dui gravida, mattis blandit odio. Aliquam sit amet ex ullamcorper, consectetur ipsum quis, mattis tortor.</p>
<hr/>
<!-- ini file footer.php -->
<?php require('footer.php');?>
simpan file tersebut di localhost teman-teman dan beri nama require.php. Kemudian buka web browser (mozilla/chrome) dan panggil file require tersebut. Anda akan melihat hasil seperti dibawah ini :

lanjut ke pembahasan selanjutnya yaitu Include.

INCLUDE
Include memiliki kegunaan yang sama seperti require tetapi include lebih spesifik untuk script PHP, digunakan untuk proses yang berulang-ulang. Untuk contoh teman-teman bisa menggunakan file header.php dan footer.php yang telah kita buat kemudian buat file bernama include.php yang berisikan script berikut : 
<?php include 'header.php';?>
<hr/>
<!-- ini isi dari file include.php -->
 <h1>Ini Adalah Isi</h1>
 <p>Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Etiam nulla turpis, pulvinar eu dui gravida, mattis blandit odio. Aliquam sit amet ex ullamcorper, consectetur ipsum quis, mattis tortor.</p>
<hr/>
<!-- ini file footer.php -->
<?php include 'footer.php';?>
Kemudian buka web browser (mozilla/chrome) dan panggil file include tersebut. Anda akan melihat hasil seperti dibawah ini :
Sekian penjelasan mengenai Penggunaan Require dan Include Pada PHP  semoga teman-teman paham dengan apa yang telah saya jelaskan diatas, jika kurang jelas bisa meninggalkan sebuah komentar. Nah selanjutnya kita akan melanjutkan pembahasan mengenai Penggunaan Session Dalam PHP. Terima kasih.
Next
This is the current newest page
Previous
Next Post »
Thanks for your comment