Variabel Pada PHP

Variabel Pada PHP

Sebelum masuk ke pembahasan Variabel Pada PHP alangkah baiknya teman-teman membaca artikel sebelumnya yaitu Menuliskan Tag HTML pada PHP agar teman-teman tidak bingung dalam mempelajari artikel variabel pada PHP ini. Jika sudah, langsung saja kita mulai belajarnya.
 
Operator assignment adalah "=", artinya bukan sama dengan tetapi simbol assignment yang mempunyai makna operand yang disebelah kiri mendapatkan nilai dari operand disebelah kanan. Dalam memory komputer, nilai dari suatu variabel bersifat temporer (tidak menetap).

Aturan penulisan variabel pada PHP :
  1. Diawali dengan $ (dolar). Sebenarnya tanda $ sendiri tidak termasuk nama dari variabel ini, tetapi hanya sekedar memberitahukan bahwa apa yang teman-teman tulis adalah sebuah variabel. Jadi "$ini" adalah variabel dan "ini" bukan variabel.
  2. Setelah tanda $, variabel harus diawali dengan huruf dan tidak boleh diawali dengan angka atau tanda baca lainnya. Sebagai contoh "$3tidakvalid" <- bukan penamaan variabel yang dibenarkan, "$variabelvalid" <- ini contoh variabel yang benar.
  3. Nama variabel hanya terdiri dari huruf, angka dan tanda garis bawah / underscore ( _ ). Jadi nama variabel seperti "$ini_valid" dibenarkan. Dan nama variabel seperti ini "$tidak_valid-ya" tidak dibenarkan karena memiliki ( - ).
  4. Tidak dibenarkan memberikan nama variabel dengan sesuatu (perintah, dll) yang sudah ada dan memiliki fungsi tertentu. Misalnya teman-teman tidak dibenarkan menamakan variabel teman-teman dengan "$echo".
  5. Penamaan variabel pada PHP case sensitive, artinya huruf besar dibedakan dengan hirif keci, contohnya variabel "$ini" tidak sama dengan variabel "$iNi".

Contoh penggunaan variabel dalam script PHP adalah sebagai berikut :
<?php
 $keadaan = "saya bingung dengan php";
 echo "Sebelum membaca tutorial ini ".$keadaan;
 echo "<p>";

 $keadaan_dua = "saya mahir PHP";
 echo "Setelah saya membaca tutorial ini ".$keadaan_dua;
?>

Hasilnya :



Teman-teman dapat melihat pada kode diatas kita memberi nama variabel kita dengan nama "$keadaan". Kemudian variabel itu kita isi dengan kata "saya bingung dengan PHP" dan kita tampilkan hasilnya dengan perintah echo. Disini perlu teman-teman perhatikan bahwa saat melakukan perintah echo variabel tidak diapit oleh tanda petik maupun koma diatas.

Contoh dua :

<?php
 $nama = "Amal Gofa";
 $teori = 70; 
 $praktek = 90;
 $akhir = ($teori+$praktek)/2;
 
 // tampilkan di browser dengan echo
 echo "Nama Mahasiswa : ".$nama."<br/>";
 echo "Nilai Teori : ".$teori."<br/>";
 echo "Nilai Praktek : ".$praktek."<br/>";
 echo "Nilai Akhir : ".$akhir."<br/>";
?>

Hasilnya :
Sekian artikel Variabel Pada PHP selanjutnya saya akan melanjutkan pembelajaran Operator Pada PHP pada artikel selanjutnya. Terima kasih dan semoga bermanfaat.
Previous
Next Post »
Thanks for your comment