Pengenalan Bahasa Pemrograman PHP


Sebelum mempelajari bahasa pemrograman PHP, alangkah baiknya kita mengenal apa itu PHP. PHP sebagai alternatif lain memberikan solusi sangat murah karena geratis digunakan (open source) dan dapat berjalan di berbagai jenis platform. Awalnya PHP berjalan di sistem UNIX dan variant-nya, namun kini dapat berjalan dengan mulus di lingkungan sistem operasi Windows.

Dengan luasnya cakupan sistem operasi mampu menjalankan PHP dan ditambah begitu lengkapnya fungsi-fungsi program (tersedia lebih dari 400 fungsi di php yang sangat berguna) tidak heran jika PHP ini semakin menjadi trend di kalangan programmer web. Konon, saat ini lebih dari 1 juta situs web mengggunakan PHP sebagai bahasa pemrogramannya.

Pak Rasmus Lerdorf adalah bapak penemu awal bahasa PHP  ini, yang bermula dari keinginan sederhana beliau untuk mempunyai alat bantu (tool) dalam memonitoring pengunjung yang melihat situs web pribadinya. Inilah sebab pada awal pembangunannya PHP merupakan singkatan dari Personal Home Page tool, sebelum akhirnya dipaksa menjadi singkatan rekursi dari PHP : Hypertext Preprocessor. Pertengahan tahun 1995 dirilis PHP/FI (FI adalah singkatan dari Form Interpreter) yang memiliki kemampuan dasar membangun aplikasi web, memproses form dan mendukung database mSQL.

Antusias komunikasi internet terhadap bahasa PHP ini begitu besar, sehingga Pak Rasmus Lordorf akhirnya menyerahkan pengembangan PHP ini kepada sebuah team pemrograman dalam rangka gerakan open source. Team ini membangun kembali PHP dari awal dengan menulis ulang program parser PHP dan hasilnya adalah PHP 3.0 yang memiliki dukungan lebih luas lagi terhadap database yang ada termasuk MySQL dan Oracle. PHP 4.0 sebagai versi selanjutnya dirilis dengan menggunakan mesin scripting Zend (akronim dari pengembangnya, Zeev Suraski dan Andi Gutmans) untuk memberikan kinerja yang lebih cepat dan lebih baik. Versi terakhir adalah PHP 5.6 ini mampu mendukung server web selain Apache dan secara built-in telah mampu menangani manajemen session.

Cara Kerja PHP

PHP bekerja berbeda dengan HTML, HTML merupakan bahasa standard yang diterapkan pada web browser, sedangkan PHP merupakan script yang ditulis di dalam HTML maka diperlukan adalah engine PHP yang berfungsi untuk menterjemahkan kode-kode PHP menjadi kode standard yang dikenal pada HTML 

Perangkat Lunak Yang Dibutuhkan

Untuk membuat aplikasi web berbasis database dibutuhkan perangkat lunak PHP sebagai web server dan sebagai penerjemah dari script PHP menjadi script yang dikenal oleh browser dalam bentuk format HTML . Sedangkan untuk mengolah database php dapat menggunakan platform database dari berbagai tipe seperti SQL Server, MySQL dan sebagainya namun yang lebih sering digunakan saat ini untuk aplikasi berbasis web (web base) adalah MySQL.

Aplikasi yang sering digunakan untuk pembelajaran PHP database ini adalah Xampp, AppServ, Wamp Server dan lain-lain. Untuk mendownload Xampp, AppServ dan Wamp Server bisa teman-teman klik link dibawah ini :
Sekian pembahasan mengenai Pengenalan Bahasa Pemrograman PHP untuk memulai pelajaran akan saya lanjutkan di postingan selanjutnya. Terima Kasih

Previous
This is the oldest page
Thanks for your comment